Monitoring Penerangan Jalan Umum dengan Teknologi LoRa / Protokol LoRaWAN.

Updated: Dec 10, 2021

PJU (Penerangan Jalan Umum) sudah menjadi fasilitas umum yang wajib tersedia di jalan-jalan. Karena selain berfungsi sebagai penerangan, juga menyangkut keamanan dan keindahan.

Tetapi seringkali kita dapati adanya PJU yang padam dalam waktu yang cukup lama tanpa adanya tanda-tanda akan diperbaiki. Hal ini dapat disebabkan karena tidak / belum adanya laporan dari masyarakat sekitar atau pihak terkait belum melakukan pemeriksaan / pengawasan secara berkala.


Oleh karena itu dibutuhkan bantuan teknologi untuk dapat melakukan pengawasan secara real time dan akurat. Adapun teknologi yang akan digunakan adalah LoRa (Long Range) dengan protokol LoRaWAN (Long Range Wide Area Network)


Apa itu LoRaWAN ?

LoRaWAN adalah (open) protokol yang memfasilitasi perangkat-perangkat IoT (Internet of Things) untuk saling berkomunikasi dengan menggunakan LoRa (teknik modulasi untuk spektrum yang spesifik pada jaringan wireless / nirkabel).

Teknologi LoRa ini dipilih karena :

  • Memiliki jangkauan sinyal yang luas (± 9 km dengan kondisi lapangan Line of Sight / tanpa halangan).

  • Adanya jaminan keamanan perpindahan datanya.

  • Penggunaan daya yang kecil.

Sedangkan protokol LoRaWAN sendiri sejak awal dirancang agar LPWAN (Low Power Wide Area Network) dapat bekerja dari jarak yang jauh, hemat biaya, rendah energi, skalabilitas dan QoS (Quality of service) yang tinggi.




Dengan menggunakan teknologi ini, jika PJU tersebut padam, maka pengawas dengan cepat mengetahuinya sehingga dapat segera dilakukan tindakan.

Untuk detil simulasinya dapat dilihat pada video di bawah ini.




Video simulasi :



27 views0 comments

Recent Posts

See All