Proyek-Proyek

Monitoring Trafo PLN Menggunakan LoRaWAN

Trafo PLN merupakan komponen yang sangat penting dalam distribusi listrik baik untuk keperluan rumah tangga maupun industri. Karena itu diperlukan sistem monitoring yang

kontinu agar parameter-parameter seperti daya listrik yang terpakai, tegangan, arus, dan lain-lain dapat diketahui setiap saat.

Dengan sistem monitoring menggunakan jaringan LoRaWAN ini gangguan distribusi listrik yang mungkin timbul seperti pemakaian daya yang berlebih dapat dicegah sehingga kerusakan yang fatal dapat dihindari. Data parameter yang diukur menggunakan sensor yang dipasang di setiap tiang trafo dikirim melalui jaringan LoRaWAN menuju ke Server. Data yang diterima oleh Server ditampilkan pada Dashboard yang dapat dimonitor setiap saat melalui komputer maupun gadget / ponsel pintar. Bila ada kondisi trafo yang perlu diperhatikan maka secara otomatis akan muncul ‘alarm’ agar potensi gangguan pada trafo tersebut dapat segera diatasi.

Kelebihan jaringan LoRaWAN adalah hemat daya, biaya operasional yang rendah, dan tetap dapat beroperasi pada lokasi yang belum terjangkau jaringan seluler.

WhatsApp Image 2021-11-26 at 08.49.15.jpeg
Solar Power Node Unit (Repeater) 2.jpeg
Digital Input 2.jpeg